Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 08971979095
    CS 2: 0895401538547
  • Instagram
  • Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Kulonprogo

    Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Kulonprogo
    Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Kulonprogo
    Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Kulonprogo
    Kulonprogo merupakan kabupaten paling barat dari Provinsi DI Yogyakarta. Seperti halnya kabupaten lainnya di Yogyakarta, Kulonprogo juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan saat liburan, juga untuk warga sekitar atau mahasiswa perantauan di Yogyakarta.

    Wisata yang dimiliki Kulonprogo kebanyakan merupakan wisata alam seperti pantai, gua, perbukitan. Yang baru-baru ini mulai naik daun adalah Desa Wisata Kalibiru, yang mana menawarkan tempat yang bagus untuk berfoto ria. 

    Selain itu ada juga tempat wisata buatan dengan pemandangan indah yang juga mulai dilirik oleh para penikmat keindahan alam. Di artikel ini, Hostel Jogja Murah akan merangkum beberapa Tempat Wisata yang Unik dan Eksotis di Kulonprogo

    Desa Wisata Kalibiru
    Tempat ini mulai terkenal karena banyaknya posting foto Gardu Pandang Pohon Pinus di Instagram. Kalibiru sendiri merupakan sebuah desa sekaligus hutan wisata yang menawarkan keindahan alam perbukitan. Uniknya warga desa sendiri yang memberdayakan tempat wisata ini hingga menjadi tempat yang populer untuk dikunjungi terutama oleh kawula muda. 

    Spot yang paling menarik dari Desa Wisata Kalibiru tentu saja adalah Gardu Pandangnya. Gardu ini berupa platform dari kayu yang dibangun di puncak pohon pinus. Untuk ke atas kamu harus punya cukup nyali karena harus memanjat tangga bambu yang cukup tinggi. Namun pemandangan yang kamu dapat saat di atas tak akan sia-sia. 

    Dari Gardu Pandang, kamu bisa melihat Waduk Serno di antara perbukitan yang hijau. Saat senja, permukaan air di Waduk Sermo memantulkan cahaya keemasan yang indah. Karena itulah tempat ini merupakan tempat yang paling cocok untuk berfoto ria, dengan background pemandangan alam dari puncak pohon pinus. 

    Selain Gardu Pandang, Desa Wisata Kalibiru juga menawarkan tracking alam yang indah di antara pepohonan hijau. Selain itu warga juga menyediakan aktivitas outbond yang menyenangkan. 

    Puncak Suroloyo
    Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan matahari terbit tanpa harus susah payah menaiki gunung. Selain itu kamu juga bisa melihat pemandangan empat gunung yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro di kejauhan dengan jelas. Bahkan kamu juga bisa melihat Candi Borobudur yang berada di Kabupaten Magelang saat cuaca tidak berkabut. 

    Di Puncak Suroloyo sendiri merupakan satu dari tiga tempat pertapaan. Dua lainnya adalah Pertapaan Sariloyo dan Pertapaan Kaendran. Keberadaan pertapaan ini berasal dari Kerajaan Mataram Islam, di mana saat itu Raden Mas Rangsang sebagai putra mahkota melakukan perjalanan dan tiba-tiba pingsan di puncak bukit ini. Dari situ kemudian Raden Mas membangun Pertapaan di tempatnya pingsan untuk digunakannya bertapa/bersemedi. Di kemudian hari saat Raden Mas Rangsang menjadi Sultan, Kerajaan Mataram mencapai puncak kejayaannya. 

    Air Terjun Perawan Sidoharjo
    Air terjun ini belum banyak dikunjungi wisatawan karena tergolong masih baru. Letaknya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh. Karena itu kadang air terjun ini disebut juga Air Terjun Samigaluh. Disebut perawan karena airnya yang sangat jernih dan adanya berbagai tanaman bunga di dasar air terjunnya. Selain itu juga karena letaknya yang lumayan tersembunyi dan masih jarang wisatawan, sehingga bisa dibilang masih perawan atau belum terjamah. 

    Ketinggian Air Terjun Sidoharjo mencapai 75 meter, dengan kemiringan hampir 90 derajat. Pemandangan yang indah dengan suasana alam yang teduh ini menyajikan sensasi menyatu dengan alam. Terkadang ada beberapa kera ekor panjang yang juga datang berkunjung di sekitar air terjun ini, karena memang letaknya tersembunyi di dalam hutan. 

    Tapi untuk mencapai Air Terjun Sidoharjo tidaklah mudah. Kamu harus menyusuri jalan setapak yang terjal menuruni bukit, lalu melalui pinggir sawah dan masuk ke dalam hutan. Untuk itu diperlukan semangat dan jiwa petualang agar mampu sampai ke tempat tujuan. Tentu saja, semuanya akan terbayarkan saat menyaksikan keindahan air terjun ini. 


    Selian tempat-tempat di atas, Kulonprogo juga masih memiliki berbagai tempat wisata lain. Seperti misalnya wisata pantai yang juga dimiliki kabupaten-kabupaten yang berbatasan dengan Samudera Hindia, seperti Bantul dan Gunungkidul. Namun di artikel ini Hostel Jogja Murah hanya menyebutkan tempat wisata yang dirasa paling menarik untuk dikunjungi di walayah Kulonprogo. 

    Jadi kalau kamu sedang ada waktu senggang dan sedang ingin menyatu dengan alam, kamu bisa mengunjungi tempat wisata yang ada di artikel Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Kulonprogo ini.

    Kamu sedang membaca artikel tentang Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Kulonprogo dan kamu bisa menemukan artikel Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Kulonprogo ini dengan url https://www.hosteljogjaid.com/2018/11/daftar-tempat-wisata-unik-dan-eksotis_24.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Kulonprogo ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Kulonprogo sebagai sumbernya ya!.