Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 08971979095
    CS 2: 0895401538547
  • Instagram
  • Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Bantul

    Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Bantul
    Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Bantul
    Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Bantul
    Bantul merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Yogyakarta. Letaknya berada di selatan wilayah DIY, bersebelahan dengan Kabupaten Gunung Kidul. Sebagai bagian dari wilayah Yogyakarta yang terkenal akan wisatanya, maka Bantul juga menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi.

    Kalau kamu coba mencari di internet, maka kamu akan menemukan bahwa Bantul memiliki banyak sekali tempat wisata. Mulai dari wisata alam seperti pantai, pegunungan, gua, dan hutan. Ada juga wisata seni, budaya, dan sejarah seperti museum, monumen, padepokan, dan berbagai situs bersejarah lain. Selain itu juga ada wisata buatan seperti bendungan, dan pemandian. 

    Namun di artikel ini Hostel Jogja Murah tidak akan membahas semuanya. Kami akan memilih beberapa saja yang layak untuk kamu kunjungi, mengingat waktumu untuk berwisata di Yogyakarta juga tidak selama itu kan? Karena itu kami merangkum tempat wisata yang worth it buat dikunjungi dalam artikel Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Bantul

    Pantai Parangtritis
    Pastinya pantai ini sudah terkenal di seluruh Indonesia. Kalau kamu sedang berwisata di Yogyakarta, kamu wajib datang ke pantai ini. Khususnya pada sore menjelang senja, karena pantai ini sangat cocok sebagai spot melihat sunset. Selain itu kamu juga bisa bermain di atas pasir putih di sini, atau mengendarai ATV yang tersedia. 

    Selain Pantai Parangtritis, ada beberapa pantai lagi seperti Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, Pantai Samas, dan masih banyak lagi. Bantul, seperti halnya Gunung Kidul, merupakan wilayah dengan pantai yang sangat banyak. Pantai-pantai itu merupakan satu rangkaian pantai selatan yang menghadap ke Samudera Hindia. Sehingga hampir semua pantainya memiliki pemandangan yang indah dan menarik untuk dikunjungi. 

    Pemandian Air Panas Parang Wedang
    Hal yang menjadi unik dari pemandian air panas ini adalah lokasinya yang tidak seperti pemandian air panas pada umumnya. Pemandian Parang Wedang berlokasi tidak jauh dari Pantai Parangtritis, sehingga lokasinya berada di dataran rendah. Umumnya pemandian air panas dapat ditemukan di daerah perbukitan dan pegunungan, karena adanya aktivitas vulkanik di bawah tanah di sekitarnya yang menyebabkan air menjadi panas. 

    Namun Pemandian Parang Wedang menghasilkan air panas dari patahan sesar di bawah tanah. Lokasi pemandian dikelilingi oleh perbukitan yang berbeda lempeng dan patahan yang menyebabkan air tanah mengalir melalui sesar hingga mencapai panas bumi. Karena itulah air tanahnya menjadi panas.
    Kamu bisa mengunjungi tempat ini pada hari apapun pada jam 7 pagi sampai jam 6 sore. Tempat ini cocok untuk melepas penat setelah perjalanan wisata yang menguras tenaga. 

    Air Terjun Randusari
    Air terjun ini berlokasi tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, yaitu sekitar 20 kilometer melalui rute Jalan Jogja-Wonosari. Air terjun ini memiliki ketinggian 12-15 meter dengan kemiringan 80 derajat. Kedalaman air di bawahnya antara satu sampai tiga meter. Airnya yang jernih akan membuatmu merasa segar dan mengembalikan semangatmu setelah berlelah-lelah. 

    Kenapa berlelah-lelah? Karena untuk menuju ke air terjun ini kamu harus melalui jalanan setapak seadanya yang dibuat oleh warga sekitar. Kamu bahkan perlu untuk menggunakan sandal atau sepatu gunung karena medan jalannya cukup sulit. Namun tentu saja, yang menunggumu di ujung jalan akan membayar semua lelah yang kamu rasakan. 

    Goa Cerme
    Goa Cerme merupakan salah satu wisata sejarah. Karena goa ini erat dengan kisah para wali di Yogyakarta. Dulu, Goa Cerme dijadikan tempat Wali Songo untuk membahas rencana pembangunan Masjid Agung Demak. Selain itu para wali juga sering menggunakan tempat ini untuk berdakwah. 

    Namun selain wisata sejarah, Goa Cerme juga menyajikan pemandangan indah berupa stalaktit dan stalakmit. Selain itu goa ini memiliki panjang 1,5 kilometer, dan di tengahnya terdapat sungai bawah tanah yang jernih. Pada musim kemarau atau musim peralihan, kamu bisa menjelajah goa ini karena saat itu sungai bawah tanah sedang surut sehingga bisa diseberangi. 

    Jangan lupa untuk membawa lampu penerang karena di dalam goa sangat gelap. Namun kalaupu kamu lupa, kamu tetap bisa menyewa headlamp sekaligus pemandu untuk menemani rombonganmu menjelajah goa. 


    Nah, itulah beberapa Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Bantul. Sebenarnya masih ada banyak sekali tempat wisata di area Bantul, namun di artikel ini Hostel Jogja Murah hanya menyebutkan beberapa yang kami anggap layak untuk kamu datangi pada kunjunganmu Yogyakarta. 

    Kalau kamu berencana akan berlibur di Yogyakarta lagi, jangan lupa untuk datang juga ke tempat-tempat Wisata Unik dan Eksotis di Bantul ini ya.

    Kamu sedang membaca artikel tentang Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Bantul dan kamu bisa menemukan artikel Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Bantul ini dengan url https://www.hosteljogjaid.com/2018/11/daftar-tempat-wisata-unik-dan-eksotis.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Bantul ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Daftar Tempat Wisata Unik dan Eksotis di Bantul sebagai sumbernya ya!.