Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 08971979095
    CS 2: 0895401538547
  • Instagram
  • Sejarah, Mitos, dan Fakta Pantai Parangtritis

    Sejarah, Mitos, dan Fakta Pantai Parangtritis
    Sejarah, Mitos, dan Fakta Pantai Parangtritis
    Sejarah, Mitos, dan Fakta Pantai Parangtritis
    Nama pantai ini sudah mahsyur di seluruh Indonesia, dan barangkali juga dunia. Walaupun mungkin masih kalah pamor dengan Bali, namun pantai yang ada di selatan Yogyakarta ini juga memiliki penikmat yang tidak sedikit.

    Namanya adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini memiliki banyak kisah dan keunikan yang berhubungan dengan Kesultanan Yogyakarta. Di artikel ini Hostel Jogja Murah akan berbagi beberapa hal menarik tentang Pantai Parangtritis ini. 

    Asal muasal dinamainya pantai ini dengan nama Parangtritis adalah saat ada seorang pelarian dari Kerajaan Majapahit yang tiba di daerah laut dengan ombak yang besar. Di situ, sang pelarian bersemedi memohon petunjuk. Dia melihat banyak air yang “tumaritis” atau menetes dari “parang” atau batu karang. Dari situlah kemudian muncul nama Pantai Parangtritis, yang berarti air yang menetes dari celah batu karang. 

    Selain legenda tentang penamaannya, Pantai Parangtritis juga memiliki tokoh mistis bernama Nyi Roro Kidul. Tokoh ini berhubungan erat dengan Keraton Yogyakarta. Menurut kisah, hubungan Nyi Roro Kidul dengan Keraton berawal sejak Kerajaan Mataram Islam masih menguasai wilayah Yogyakarta. Panembahan Senopati yang merupakan Pendiri Kerajaan Mataram Islam pada suatu hari bersemedi di laut selatan. Dalam semedi itu, ia bertemu dengan Nyi Roro Kidul dan keduanya saling jatuh cinta. Nyi Roro Kidul kemudian berjanji untuk selalu hadir dan membantu Panembahan Senopati dan seluruh keturunannya. 

    Karena itulah sampai sekarang, setiap ulang tahun Sri Sultan, upacara Labuhan diadakan di Pantai Parangtritis. Upacara ini dilakukan dengan cara memberi sesajen yang dihanyutkan ke laut. Menurut masyarakat, Upacara Labuhan dilakukan agar membawa kemakmuran bagi Yogyakarta. 

    Selain kisah-kisah menarik tersebut, Parangtritis sendiri merupakan obyek wisata yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Pantai ini terletak di 27 kilometer arah selatan dari pusat kota Jogja. Salah satu keunikannya juga adalah bahwa letak Keraton Yogyakarta yang tepat membentuk garis lurus antara Pantai Parangtritis di selatan dan Gunung Merapi di utara. Dari Yogyakarta, kamu tinggal mencari Jalan Parangtritis dan terus lurus ke selatan hingga mencapai area pantai. 

    Banyak hal yang bisa kamu nikmati di pantai ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Parangtritis adalah menjelang senja. Dari pantai ini kita bisa melihat pemandangan matahari terbenam dengan indahnya, karena itu mengunjunginya di sore hari adalah pilihan yang bagus. Namun sejatinya di waktu berapapun kamu tetap bisa mengunjungi pantai ini dan bersenang-senang. 

    Pemerintah telah mengelola Pantai Parangtritis dengan cukup baik, sehingga berbagai fasilitas sudah tersedia untuk para wisatawan. Kamu bisa bermain-main pasir ataupun berlarian mengejar ombak. Kamu juga bisa berjalan-jalan di tepian pantai, atau menjelajahinya menggunakan ATV, atau menikmatinya dengan menaiki Bendi. Selain itu ada juga fasilitas Paralayang buat kamu yang punya cukup nyali dan berjiwa petualang. 

    Di malam hari, beberapa orang akan menggelar tikar-tikar di pantai dan menjajakan jagung bakar dan camilan serta minuman untuk membuat tubuh hangat. Jadi kamu bisa menikmati Pantai Parangtritis bahkan hingga larut malam. Tak usah khawatir karena kamu juga bisa bertenda di pantai yang luas ini, ataupun menginap di tempat-tempat penginapan ataupun hotel yang banyak tersedia. 

    Nah, sekarang kamu sudah tahu kan Sejarah, Mitos, dan Fakta Pantai Parangtritis. Jadi tunggu apa lagi? Kalau kamu sedang berwisata di Yogyakarta, jangan segan-segan untuk menempuh 27 kilomter ke arah selatan. Kamu tak akan kecewa dengan suguhan pemandangan dan pengalaman yang diberikan Pantai Parangtritis ini.

    Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah, Mitos, dan Fakta Pantai Parangtritis dan kamu bisa menemukan artikel Sejarah, Mitos, dan Fakta Pantai Parangtritis ini dengan url https://www.hosteljogjaid.com/2018/11/sejarah-mitos-dan-fakta-pantai.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sejarah, Mitos, dan Fakta Pantai Parangtritis ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Sejarah, Mitos, dan Fakta Pantai Parangtritis sebagai sumbernya ya!.