Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 08971979095
    CS 2: 0895401538547
  • Instagram
  • Sejarah dan Wisata di Monjali (Monumen Jogja Kembali)

    Sejarah dan Wisata di Monjali (Monumen Jogja Kembali)
    Sejarah dan Wisata di Monjali (Monumen Jogja Kembali)

    Sejarah dan Wisata di Monjali (Monumen Jogja Kembali) –

    Sudahkah kamu mengunjungi monumen yang sudah terkenal di Jogja ini? Monjali atau Monumen Jogja kembali adalah sebuah monumen yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta ini menjadi salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi terutama dihari libur.

    Monumen Jogja Kembali didirikan pada tanah seluas 49.920 m2  tepatnya berada desa Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Bangunan berbentuk kerucut sebagai bangunan utama memiliki banyak filosofi sekaligus sejarah monumen Jogja kembali. Salah satu makna dari bentuk kerucut yang menyerupai tumpeng menggambarkan gunung kecil sebagai poros antara gunung merapi dengan laut selatan/ parangtritis.

    Jika sudah tidak asing lagi atau bahkan sudah pernah berkunjung ke Monjali, sudahkah kamu tahu sejarah dari monumen itu? Atau kamu ingin mengetahuinya terlebih dahulu sebelum berkunjung kesana? Mari simak ulasan berikut.

          ·         Sejarah
    Pada tahun 1985 tepatnya tanggal 29 Juni sebuah monumen baru dibangun di Yogyakarta . Monumen Jogja kembali atau yang sering juga disebut dengan yogya kembali dibangun sebagai wujud peringatan sejarah terjadinya penarikan tentara Belanda dari  Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1949 sehingga wilayah Yogyakarta kembali berada pada pangkuang Republik Indonesia. Dengan kata lain Monumen Yogya Kembali dibangun guna mengingat sejarah perjuangan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.

    Upacara peletakan batu pertama dalam pembangunan monumen jogja kembali dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana ke-9 beserta Sri Paku Alam ke-8. Perlu diketahui bahwa cikal bakal dari pendirian monumen ini adalah gagasan yang dikeluarkan oleh Kol. Sugiarto yang waktu itu menjabat sebagai Wali Kota D.I.Yogyakarta tepat 2 tahun sebelum didirikannya monumen Jogja kembali.

          ·         Wisata di Monjali
    1.    Museum Monjali
    Museum Monjali
    Museum Monjali

    Museum Monjali menggambarkan sejarah perjuangan antara tentara serta rakyat Yogyakarta dalam melawan serangan dari Belanda. Di monjali, kita bisa menapaktilasi Yogyakarta tempo dulu. Dari mulai awal pembangunannya hingga kini menjadi kota yang terkenal dengan rasa multikultural yang tinggi.

    2.    Taman pelangi atau taman lampion
    Taman pelangi atau taman lampion
    Taman pelangi atau taman lampion

    Taman ini akan terlihat lebih indah jika dikunjungi pada malam hari. Karena pada saat malam hari, bentuk-bentuk replika dari hewan-hewan dan tumbuhan akan menyala dan akan banyak lampu-lampu yang meneranginya. Dan kita bisa berkeliling di taman lampion ini sambil menikmati lampu-lampu yang menyala ataupun duduk di gazebo yang disediakan.

    Harga tiket yang disediakan untuk memasuki objek wisata Monjali adalah Rp. 10.000.- untuk hari biasa, dan Rp. 15.000.- untuk hari libur atau hari-hari besar lainnya. Hanya dengan satu tiket yang dimiliki kita sudah bisa berkeliling di kawasan monjali ini. Tetapi untuk setiap wahananya akan dikenakan biaya tersendiri.

    Untuk urusan transportasi, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi baik kendaraan roda empat ataupun roda dua untuk menuju museum monjali dan taman lampion, tetapi bagi kamu yang ingin menaiki transportasi umum bisa menaiki bus TransJogja jalur 2A dan 2B kemudian turun di Halte Monjali. Untuk naik TransJogja pun harganya sangat terjangkau, hanya Rp. 3500 saja.

    Jadi, tunggu apalagi buat berkunjung ke objek wisata yang ada di Jogja satu ini? Ajak keluarga, teman, atau siapapun untuk menikmati tempat wisata yang bersejarah dan juga bisa untuk berfoto pada saat malam hari.

    Terima kasih sudah membaca artikel Sejarahdan Wisata di Monjali (Monumen Jogja Kembali) ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Jangan lupa kunjungi Hostel Jogja ID untuk jasa penginapan, guest house, kost harian dengan harga yang ekonomis dan pas dikantong. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

    Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah dan Wisata di Monjali (Monumen Jogja Kembali) dan kamu bisa menemukan artikel Sejarah dan Wisata di Monjali (Monumen Jogja Kembali) ini dengan url https://www.hosteljogjaid.com/2018/12/sejarah-dan-wisata-di-monjali-monumen.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sejarah dan Wisata di Monjali (Monumen Jogja Kembali) ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Sejarah dan Wisata di Monjali (Monumen Jogja Kembali) sebagai sumbernya ya!.