Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 08971979095
    CS 2: 0895401538547
  • Instagram
  • Alasan dan Fakta Penamaan Daerah Kaliurang

     
    Alasan dan Fakta Penamaan Daerah Kaliurang


    Alasan dan Fakta Penamaan Daerah Kaliurang

    Pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata Daerah Kaliurang bukan?

    Menjadi salah satu daerah yang sudah terkenal di Yogyakarta. Memiliki rentang waktu kurang dari 1 jam perjalanan jika dari Kota Yogyakarta-nya sendiri. Kaliurang merupakan bagian dari Kabupaten Sleman sebelah utara tepatnya di Desa Hargobinangun, Kec Pakem.

    Daerah ini mempunyai akses yang mudah untuk dilewati dengan berbagai macam kendaraan karena sudah dibangun jalan panjang beraspal halus. Namun tetap harus berhati-hati jika melewatinya, jalan di sana akan terus menanjak serta berkelok-kelok. 

    Begitu pula dengan suhu udaranya yang tergolong sejuk pada siang hari dan dingin pada malam hari karena merupakan daerah dataran tinggi yakni sampai 900 meter di atas permukaan laut, bahkan terkadang sampai bisa diselimuti oleh kabut tebal.

    Pemandangan yang indah dapat kita lihat yaitu Gunung Merapi yang kelihatan lebih besar, serta hamparan pohon-pohon hijau yang membentang dari segala penjuru arah.

    Kaliurang sering dipadati oleh masyarakat dari dalam maupun luar kota yang ingin rekreasi, berlibur maupun sekedar bersantai-santai. Karena di sana sudah tersedia berbagai macam tempat wisata, tempat penginapan, restoran, toko-toko dan sebagainya yang mudah untuk ditemukan.

    Tidak hanya itu saja, daerah Kaliurang ini juga terkenal akan perkebunannya buah salak dan menjadi distribusi salak diberbagai tempat. Bahkan juga terdapat UKM pengolahan salak menjadi berbagai macam bentuk makanan mulai dari asinan, keripik, sari buah, dodol dan lainnya.

    Akan tetapi sudahkah teman-teman tahu tentang alasan dan fakta penamaan Daerah Kaliurang tersebut? Mari simak ulasan yang satu ini yuk.

    Nama Kaliurang sendiri ternyata memiliki sejarah yang cukup menarik. Berawal dari dikisahkannya pada suatu siang hari yang begitu panas. Seorang putra Mataram melakukan perjalanan bernama Topo Ngrame. 

    Topo Ngrame ialah melakukan suatu perjalanan dengan rasa keprihatinan, di mana seseorang tersebut berjalan sesuai kehendaknya untuk menolong setiap orang yang ditemuinya jika membutuhkan sebuah pertolongan.

    Setelah perjalanan yang cukup panjang tersebut, ketika putra Mataram sampai disebuah Telaga Putri, ia melihat sosok seorang gadis disisi lain sungai itu. Ia terdengar sedang menangis tersedu-sedu, lalu didekatilah gadis itu sambil bertanya “Mengapa engkau menangis?”

    Gadis itu pun menjawabnya “Kaki saya sakit tuan. Ketika saya sedang mandi di sungai ini, ada seekor udang yang menggigit”.

    Mendengar penyataan gadis tersebut, putra Mataram akhirnya berikrar bahwa “Suatu saat nanti jika tempat ini akan menjadi sebuah daerah yang mulia, dan ku kuberikan dengan nama KALIURANG”.

    Hal itu ternyata benar-benar terbukti saat ini, bahwa Kaliurang menjadi daerah pemukiman bagi penduduk.

    Kata ‘Kaliurang’ sendiri merupakan bahasa Jawa, yang mana gabungan dari dua kata yakni ‘kali’ dan ‘urang’. Di mana ‘kali’ ini adalah sungai, sedangkan ‘urang’ adalah udang yang berarti dalam bahasa Indonesia ialah sungai udang.

    Berdasarkan cerita-cerita yang dikemukakan oleh para orang tua, Kaliurang dulunya berupa hutan belantara yang lebat. Lalu banyaknya orang-orang yang datang, akhirnya hutan tersebut pun dibuka untuk pemukiman bagi rumah warga dan jalan raya.

    Nah teman-teman begitulah pemaparan singkat mengenai alasan dan fakta penamaan Daerah Kaliurang. Sejarah merupakan salah satu cerita yang perlu diketahui untuk menambah wawasan mengenai masa lalu. Karena hal tersebut nantinya bisa kita salurkan bagi anak cucu kelak. 

    Bagi teman-teman yang penasaran mengenai sejarah-sejarah daerah lainnya atau ingin tahu rekomendasi wisata-wisata yang eksotis di Yogyakarta, bisa cek artikel lainnya di Hostel Jogja Murah.

    Kamu sedang membaca artikel tentang Alasan dan Fakta Penamaan Daerah Kaliurang dan kamu bisa menemukan artikel Alasan dan Fakta Penamaan Daerah Kaliurang ini dengan url https://www.hosteljogjaid.com/2018/12/alasan-dan-fakta-penamaan-Daerah-Kaliurang.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Alasan dan Fakta Penamaan Daerah Kaliurang ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Alasan dan Fakta Penamaan Daerah Kaliurang sebagai sumbernya ya!.