Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 08971979095
    CS 2: 0895401538547
  • Instagram
  • Sejarah Asal Usul Fakta Wirobrajan

    Sejarah Asal Usul Fakta Wirobrajan
    Sejarah Asal Usul Fakta Wirobrajan

    Untuk masyarakat Yogyakarta nama Wirobrajan pasti sudah sangat familiar. Tapi bagi sebagian besar pendatang belum mengetahui mengenai kawasan Wirobrajan, posisinya di bagian mana Yogyakarta, apa saja yang ada di Wirobrajan, sejarah nama Wirobrajan.

    Disini akan dibahas Sejarah Asal Usul Fakta Wirobrajan supaya kamu sewaktu berkunjung ke Yogyakarta bisa lebih tahu banyak daerah yang ada di Yogyakarta. Jangan sampai kamu merugi sudah jauh-jauh datang ke Yogyakarta tapi hanya berkunjung ke tempat wisata yang itu-itu saja.

    Wirobrajan adalah sebuah kecamatan yang berada di Kota Yogyakarta yang berbatasan dengan Kecamatan Tegalrejo di bagian utara, Kecamatan Kasihan, Bantul di bagian selatan, Kecamatan Gedongtengen di bagian timur.

    Wirobrajan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu kata “wira” yang berarti berani dan “braja” yang berarti tajam. Secara keseluruhan, Wirobrajan diartikan sebagai suatu prajurit yang sangat berani dalam melawan musuh dan tajam serta memiliki panca indera yang peka. Bendera/dwaja prajurit Wirabraja adalah dari Gula Klapa yang berbentuk persegi panjang dengan warna dasar putih, dan setiap sudutnya berwarna merah seperti cabai merah.

    Maksud dari Gula Klapa sendiri adalah gula jawa yang terbuat dari nira pohon kelapa yang berwarna merah, dan kelapa berwarna putih yang melambangkan pasukan yang berani membela kesucian atau kebenaran.

    Kampung Wirobrajan adalah tempat kediaman para abdi dalem Keraton Kasultanan Yogyakarta yang tergabung di prajurit Wirabraja. Prajurit Wirabraja memiliki tombak yang biasa disebut Kanjeng Kyai Slamet  dan Kanjeng Kyai Santri dan Dapur Crengkeng.

    Untuk wisata yang berada di Wirobrajan sendiri sebetulnya bukan berada di Wirobrajannya, tapi dekat dengan wilayah Wirobrajan. Berikut beberapa tempat wisata sekitar Wirobrajan yang tentunya tidak boleh kamu lewatkan :
    1. 1.      Alun-Alun Kidul
    2. 2.      Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat
    3. 3.      Nol Kilometer Yogyakarta
    4. 4.      Dagadu Djokdja
    5. 5.      Taman Pintar
    6. 6.      Taman Budaya Yogyakarta
    7. 7.      Museum Benteng Vredeburg
    8. 8.      Pasar Beringharjo
    9. 9.      Jolie Wirobrajan
    10. 10.   Masjid Gedhe Kauman

    Selain tempat wisata, wisata kuliner yang ada di sekitar Wirobrajan juga patut kamu coba seperti Soto Kadipiro, Gudeg Yu Djum, Bakpia Pathok 25, Sate Ayam Podomoro. 

    Hostel Jogja ID selalu memberikan kamu asupan referensi agar kamu tidak kebingunan saat ingin berjalan-jalan dengan teman, keluarga, atau pacar sekalipun hehe...

    Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Asal Usul Fakta Wirobrajan dan kamu bisa menemukan artikel Sejarah Asal Usul Fakta Wirobrajan ini dengan url https://www.hosteljogjaid.com/2018/12/sejarah-asal-usul-fakta-wirobrajan.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sejarah Asal Usul Fakta Wirobrajan ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Sejarah Asal Usul Fakta Wirobrajan sebagai sumbernya ya!.