Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 08971979095
    CS 2: 0895401538547
  • Instagram
  • Jenis-Jenis Masakan Khas Wonosari

    Jenis-Jenis Masakan Khas Wonosari
    Jenis-Jenis Masakan Khas Wonosari
    Jenis-Jenis Masakan Khas Wonosari—
    Wonosari merupakan Kota Kabupaten Gunungkidul. Kita mengenal Gunungkidul seperti Bantul, karena wisata pantai yang indah yang dimiliki keduanya. Namun Gunungkidul juga menawarkan wisata kuliner yang tidak kalah menarik. 

    Kali ini, kita akan membahas tentang makanan khas Gunungkidul, lebih tepatnya Jenis Masakan Khas Wonosari, Gunungkidul. Wonosari memiliki beragam masakan khas yang menarik dan sayang apabila tidak sempat kita cicipi saat berkunjung ke Yogyakarta. Karena itu Hostel Jogja Murah membuat artikel ini supaya kamu bisa tahu masakan apa saja yang perlu kamu coba saat mengunjungi Wonosari. 

    Gatot
    Gatot merupakan makanan yang proses pembuatannya mirip tiwul. Gatot berbahan dasar singkong yang dikeringkan, atau biasa disebut gaplek. Yang unik adalah proses penjamuran atau fermentasi gaplek yang akan digunakan untuk gatot harus sampai muncul corak kehitaman. Tujuannya adalah agar mendapat gaplek dengan kualitas terbaik. 

    Gaplek yang sudah siap akan direndam 12 jam sebelum dikukus hingga siap disajikan. Citarasa yang ditawarkan gatot adalah manis dan legit di mulut, karena gatot menggunakan gula merah saat dikukus. Biasanya gatot disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. 

    Belalang Goreng
    Masakan khas ini bisa dibilang merupakan makanan ekstrim yang ditawarkan Wonosari. Belalang yang digunakan adalah belalang kayu yang mudah ditemukan di daerah Wonosari. Kandungan protein yang tinggi menyebabkan belalang goreng memiliki konsumen khusus untuk mencari gizi yang dikandungnya, maupun konsumen yang memang tertarik dengan makanan ekstrim. 

    Buat kamu yang ragu untuk mencoba, menurut beberapa orang rasa belalang goreng mirip dengan rasa udang. Selain itu teksturnya renyah dan gurih sehingga tidak sedikit orang yang ketagihan setelah mencoba. Jadi kamu ngggak perlu khawatir jijik atau sebagainya.

    Tiwul
    Makanan ini sempat menjadi makanan pokok masyarakat Gunungkidul. Dulu masyarakat miskin menggunakan tiwul sebagai pengganti nasi, karena tidak mampu membelinya. Karena itu tiwul juga sempat dianggap sebagai lambang kemiskinan. Namun sekarang tiwul telah berubah menjadi makanan khas Wonosari yang banyak disukai orang karena rasanya yang khas. 

    Seperti gatot, tiwul juga terbuat dari gaplek. Namun gaplek yang digunakan adalah yang tidak sampai menghitam. Gaplek kemudian ditumbuk halus sebelum dikukus menjadi tiwul. Rasa yang ditimbulkan sedikit manis, dengan tekstur yang lembut. Aroma singkongnya menguar, menjadikannya khas. 

    Sego Abang Lombok Ijo
    Sego abang berarti nasi merah. Sedangkan lombok ijo berarti cabai hijau. Makanan ini secara terpisah merupakan makanan yang khas Wonosari. Namun keuanya dapat disantap bersamaan, menawarkan rasa yang nikmat. 

    Sego abang berasal dari padi gogo yang diproduksi secara organik tanpa bahan kimia. Padi ini menghasilkan nasi yang memiliki rasa dan tekstur yang istimewa. Sedangkan lombok ijo merupakan semacam sayur lodeh. Yang menjadi unik adalah potongan cabai hijau atau lombok ijo di dalamnya.
    Perpaduan dua masakan khas ini menciptakan santapan yang sangat nikmat untuk dimakan. Kamu menyempatkan diri untuk mencobanya saat nanti berkunjung ke Wonosari. 


    Masih ada beberapa masakan khas yang dimiliki Wonosari. Tapi kali ini Hostel Jogja Murah hanya menyebutkan beberapa yang kami rasa worth it buat kamu coba. Jadi lain kali kamu mengunjungi Gunungkidul, sempatkan untuk pergi dan mencicipi berbagai Jenis Masakan Khas Wonosari.

    Kamu sedang membaca artikel tentang Jenis-Jenis Masakan Khas Wonosari dan kamu bisa menemukan artikel Jenis-Jenis Masakan Khas Wonosari ini dengan url https://www.hosteljogjaid.com/2018/12/jenis-jenis-masakan-khas-wonosari.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jenis-Jenis Masakan Khas Wonosari ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Jenis-Jenis Masakan Khas Wonosari sebagai sumbernya ya!.