Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 08971979095
    CS 2: 0895401538547
  • Instagram
  • Jenis-Jenis Masakan Khas Bantul

    Jenis-Jenis Masakan Khas Bantul
    Jenis-Jenis Masakan Khas Bantul
    Jenis-Jenis Masakan Khas Bantul—
    Kali ini Hostel Jogja Murah akan membahas tentang masakan khas Bantul. Tak kalah dengan Masakan Khas Jogja, Bantul juga memiliki beberapa masakan unik yang patut kamu coba saat berwisata ke Yogyakarta.

    Beberapa makanan memiliki nama yang unik sehingga bikin penasaran. Lainnya memiliki bentuk yang menarik. Pokoknya, kamu pasti jadi pengen coba berbagai Jenis Masakan Khas Bantul ini. 

    Bakmi Pentil
    Pikiranmu pasti ke mana-mana, kan? Tapi tenang saja, bakmi ini bentuknya tetap seperti mi pada umumnya kok. Berasal dari Kecamatan Pundong, Bantul, bakmi pentil menggunakan pati ketela sebagai bahan dasarnya. 

    Bakmi ini memiliki keunikan bentuk yang panjang dan ukuran yang relatif besar. Selain itu bakmi ini selalu berwarna antara kuning atau putih. Nah, yang menjadi khas adalah teksturnya yang terasa sangat kenyal, lebih kenyal dari mi pada umumnya. Dari situlah akhirnya bakmi ini dinamai bakmi pentil. 

    Peyek Tumpuk
    Kira-kira kamu sudah bisa menebak bentuk peyeknya dari namanya saja. Memang bentuk peyek tumpuk ini tidak sama dengan peyek pada umumnya yang pipih. 

    Adonan yang dimasak memang sengaja tidak dibuat pipih atau tipis, melainkan dibuat tidak beraturan hingga hampir berbentuk bulat besar. Akibatnya kacang tanah di dalam peyek menjadi bertumpuk-tumpuk. Karena itulah peyek ini kemudian disebut peyek tumpuk. 

    Mides
    Mides masih merupakan turunan dari bakmi pentil. Mides merupakan singkatan dari bakmi pedes, yang juga merupakan masakan khas Pundong. Mi ini juga terbuat dari pati ketela, membuat teksturnya menjadi kental. Dan ukurann minya juga lebih besar karena proses pembuatannya tidak digiling, namun dipotong. 

    Kue Adrem
    Makanan ini berasal dari Kecamatan Sanden, Bantul. Bahan dasarnya adalah tepung beras dan gula jawa. Rasanya sangat manis dan ada sedikit gurih karena digoreng. Sangat cocok untik disantap sambil minum kopi yang sedikit pahit. 

    Nama lain dari kue adrem adalah kue tholpit. Nama itu merupakan singkatan, yang pada bagian pitnya merupakan kepanjangan dari kejepit. Nama lain ini ada karena bentuk dari kue adrem sendiri yang sangat unik. 

    Sate Klatak
    Sate ini merupakan makanan khas Bantul, walaupun secara umum disebut makanan khas Jogja. Keunikan yang dimiliki kuliner ini ada dari segi pembuatan dan penyajiannya. 

    Sate klatak adalah sate yang hanya dibumbui dengan garam saat proses pembakarannya. Nah, garam yang ada di permukaan daging ini saat dibakar menimbulkan bunyi gemeletak. Dari situlah akhirnya sate ini dinamai sate klatak.

    Sedangkan yang unik dari segi penyajiannya adalah karena sate klatak menggunakan jeruji roda sebagai tusuknya. Entah dari mana asalnya dan ada alasan apa dibalik penggunaan jeruji ini, namun sampai sekarang penjual sate klatak masih kukuh mempertahankan jeruji sepeda sebagai alat tusuk satenya.


    Selain di atas, tentu masih ada lagi beberapa Jenis Masakan Khas Bantul yang lain. Namun di artikel kali ini Hostel Jogja Murah hanya menyebutkan beberapa saja yang kami anggap paling menarik dan patut untuk dicoba. Selain masakan khas Bantul, kamu juga bisa lihat artikel mengenai Jenis Masakan Khas Jogja.

    Kamu sedang membaca artikel tentang Jenis-Jenis Masakan Khas Bantul dan kamu bisa menemukan artikel Jenis-Jenis Masakan Khas Bantul ini dengan url https://www.hosteljogjaid.com/2018/12/jenis-jenis-masakan-khas-bantul.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jenis-Jenis Masakan Khas Bantul ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Jenis-Jenis Masakan Khas Bantul sebagai sumbernya ya!.