Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 08971979095
    CS 2: 0895401538547
  • Instagram
  • Sejarah, Asal-Usul dan Fakta Gudeg Jogja

    Sejarah, Asal-Usul dan Fakta Gudeg Jogja

    Sejarah, Asal-Usul dan Fakta Gudeg Jogja

    Kuliner ikonik dari Jogja yang sudah sangat terkenal satu ini jangan sampai tidak dicoba dong. Tentu saja jika kamu sudah tahu atau bahkan belum pernah mendengarnya, kami beri tahu deh, ia adalah gudeg. Karena akan ada sesuatu yang hilang nih ketika kamu liburan ke Yogyakarta tapi tidak menyempatkan diri untuk datang dan mencicipi tempat makan gudeg di sini.

    Gudeg sendiri biasanya disajikan kering maupun basah, yang berisikan nangka muda, lauk pauk, sambel krecek, nasi hangat dan kerupuk. Sehingga menambah cita rasa dan kenikmatannya.

    Namun kamu sudah tahu belum mengenai perjalanan sejarah, asal usul dan fakta Gudeg Jogja itu sendiri nih? Berikut pemaparannya.

    Menurut seorang ahli profesor dari Pusat Kajian Makanan Tradisional, Bapak Murdijati Gardjito. Konon katanya gudeg telah ada sejak zaman dulu kala. Ketika itu sekitar abad ke-16 di alas Mentaok, para prajurit Kerajaan Mataram sedang melakukan pembongkaran terhadap hutan belantara yang digunakan sebagai pembangunan peradaban, tepatnya sekarang di sebut dengan Daerah Kotagede.

    Usut punya usut, ternyata hutan yang sedang dibabat tersebut terdiri dari pepohonan buah nangka, kelapa dan mlinjo. Kemudian sangat disayangkan jika tidak diolah, maka prajurit yang jumlahnya ratusan itu saling bahu membahu dan mencoba untuk mengkombinasikan ketika jenis buah tersebut dengan cara dimasak dalam kuali yang sangat besar. 

    Saat prosesnya, ketiga bahan tersebut dimasak dengan cara mengaduknya atau hangudeg (bahasa Jawa) menjadi satu, maka terciptalah istilah nama gudeg itu sendiri. 

    Gudeg sejatinya merupakan makanan tradisional yang berasal dari lingkungan rakyat, bukan kerajaan. Namun ia butuh proses yang amat panjang untuk menjadikannya sebagai makanan tradisional yang bisa disukai oleh seluruh kalangan.

    Karena dianggap “istimewa” dan melalui proses pemasakan yang panjang seta ketika itu belum banyak yang berjualan gudeg, makanan ini sering disebut sebagai makanan nadzar atau wujud rasa syukur.

    Seiring bersamaannya dengan pembangunan UGM tahun 1940 oleh Presiden Soekarno, mulai munculllah kampung sentra Gudeg Mbarek di Daerah Bulaksumur dan menjadi oleh-oleh khas mahasiswa ketika itu jika akan pulang ke kampung halamannya.

    Kemudian dari sektor pariwisata pun sudah melirik gudeg sebagai makanan tradisional khas yang patut dikembangkan di wilayah Yogyakarta yaitu dengan membangun sentra gudeg baru di Daerah Wijilan sekitar tahun 1970-an. Tidak hanya di daerah itu saja, di beberapa tempat bahkan di pasar-pasar, gudeg sudah dijual secara bebas dengan menawarkan ciri khasnya masing-masing.

    Dan hal tesebut telah terbukti bahwa gudeg menjadi salah satu makanan khas Yogyakarta yang selalu dicari-cari oleh wisatawan lokal, nasional maupun internasional. 

    Pada perkembangannya sampai saat ini gudeg tidak hanya berbahan dasar dari nangka muda saja, namun juga bunga kelapa atau manggar. Serta dalam pegemasannya pun sangat beragam mulai dari kardus makanan, daun kelapa, besek, kendil sampai yang paling modern adalah berbentuk kalengan sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

    Demikian ulasan singkat mengenai perjalanan sejarah, asal usul dan fakta Gudeg Jogja. Semoga kamu menjadi lebih tertarik lagi dan jangan tunda-tunda untuk mencicipi dan berburu gudeg di beberapa tempat yang rekomen untuk menikmati kelezatan makanan tradisional yang satu ini.

    Jangan lupa juga untuk terus stay tune  dengan informasi-informasi dari Hostel JogjaMurah, karena banyak sekali artikel yang bisa kamu baca di sana seperti Sejarah, Mitos dan Fakta Pasar Klithikan Pakuncen.

    Sampai bertemu lagi diartikel selanjutnya......

    Rate this posting:
    {[['']]}
    Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah, Asal-Usul dan Fakta Gudeg Jogja dan kamu bisa menemukan artikel Sejarah, Asal-Usul dan Fakta Gudeg Jogja ini dengan url https://www.hosteljogjaid.com/2018/12/sejarah-asal-usul-dan-fakta-gudeg-jogja.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sejarah, Asal-Usul dan Fakta Gudeg Jogja ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Sejarah, Asal-Usul dan Fakta Gudeg Jogja sebagai sumbernya ya!.