Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 08971979095
    CS 2: 0895401538547
  • Instagram
  • Jenis-Jenis Masakan Khas Jogja

    Jenis-Jenis Masakan Khas Jogja
    Jenis-Jenis Masakan Khas Jogja
    Jenis-Jenis Masakan Khas Jogja—
    Biasanya kita mengunjungi Yogyakarta adalah karena wisata alam dan sejarah yang ditawarkannya. Karena memang Jogja dan sekitarnya punya banyak pantai, cand-candi, dan juga Keraton yang berdiri dari dulu dan masih ada sampai sekarang.

    Namun jangan salah. Selain wisata mata, hati, dan pikiran itu, Jogja juga menawarkan wisata kuliner yang tidak kalah menarik. Di artikel ini Hostel Jogja Murah akan merekomendasikan beberapa Jenis Masakan Khas Jogja yang wajib kamu coba saat berkunjung ke kota ini. 

    Gudeg
    Makanan yang juga menjadi salah satu sebutan khas Jogja: Kota Gudeg. Karena memang dari sinilah gudeg berasal. Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Yang menjadi khas adalah rasanya yang lebih ke arah manis, berbeda dari makanan pada umumnya yang lebih ke arah gurih asin. 

    Namun jangan salah. Walaupun manis, gudeg bisa dimakan seperti sayur pada umumnya. Justru rasa manis gudeg menambah citarasa makanan lainnya yang gurih, sehingga kamu bisa mendapat kekayaan rasa yang beragam dalam satu santapan. 

    Sambal Krecek
    Sambal ini sebenarnya merupakan pelengkap gudeg. Namun memakan sambal krecek tanpa gudeg juga tetap enak. Sambal ini terbuat dari kulit sapi yang dimasak hingga menjadi kenyal dan tidak ulet lagi. Rasanya yang pedas dan gurih sangat enak untuk disantap sendiri. Dan kalau dicampur dengan gudeg akan menambah citarasa karena rasa manis yang dimiliki gudeg. 

    Bakpia Pathuk
    Tentu semua orang tidak asing lagi dengan makanan khas Jogja ini. Setiap wisatawan yang singgah di Yogyakarta pasti merasa tidak puas kalau belum membeli bakpia pathuk untuk oleh-oleh dibawa pulang. 

    Jajanan berbahan dasar kacang hijau ini sangat menarik karena memiliki tekstur yang krispi di luar, namun saat digigit, bagian dalamnya terasa begitu padat dan penuh. Rasa kacang hijaunya juga enak sekali. Kalau sudah ambil satu, dijamin tidak akan berhenti sampai sekotak habis. 

    Oseng Mercon
    Makanan ini cocok banget buat kalian para pecinta pedas. Kamu nggak akan kecewa dengan pedasnya makanan ini, dan pastinya bikin nagih seperti makanan pedas lainnya. 

    Nama “Mercon” sendiri sudah bisa menggambarkan rasa pedas yang meledak-ledak yang bisa kamu dapat dari masakan ini. Biasanya menu ini disajikan dengan potongan ayam, telur, atau daging. Namun umumnya oseng merco dimasak dengan tetelan sapi. Dari tekstur kuahnya saja kamu bisa melihat butiran biji cabe yang menggugah air liurmu. 

    Cenil
    Sejatinya Cenil bukanlah jajanan khas Jogja. Secara umum cenil bisa dibilang jajanan khas Jawa, karena di berbagai daerah di Jawa pasti memiliki jajanan ini. Hal ini karena bahan dasar yang sederhana, yaitu dari tepung, sehingga bisa dibuat di mana saja. 

    Namun yang menjadi unik adalah karena perbedaan rasa dari tiap daerah. Cenil Jawa Timur berbeda dengan cenil Jawa Tengah. Selain rasa, tekstur yang dimiliki juga berbeda-beda. Hal ini karena ada sedikit perbedaan dari segi bumbu yang digunakan di tiap daerah. 

    Karena itu, jajanan cemil ini bisa kamu coba cicipi saat nanti berkunjung ke Jogja. 

    Geplak
    Kue geplak merupakan jajanan tradisional asli Kota Yogyakarta. Kue ini terbuat dari adonan kelapa parut, tepung, dan gula. Kue geplak dibentuk bulat dengan ukuran kecil-kecil penuh warna sehingga sangat menarik mata. Adonannya terasa sangat lembut saat digigit, dengan aroma dan rasa manis yang kuat. 

    Coklat Monggo
    Produk ini sebenarnya bisa dibilang produk baru dan bukan merupakan makanan tradisional. Baru berdiri pada tahun 2000-an, dan didirikan oleh seorang pria yang berasal dari Belgia. Namun jangan salah, produk ini merupakan produk citarasa Nusantara dengan sentuhan Belgia, bukan kebalikannya. 

    Jadi Coklat Monggo merupakan jajanan premium, bukan jajanan tradisional. Kalau kamu berkunjung ke Yogyakarta, tidak ada salahnya mencoba coklat ini. Semua bahan produksi dan karyawan berasal dari Indonesia asli. Dan citarasa yang ingin dibangun oleh pendirinya yang sudah puluhan tahun tinggal di Indonesia adalah memang untuk memperkenalkan rasa Nusantara kita kepada dunia melalui coklat. 


    Masih banyak lagi Masakan Khas Jogja lainnya. Tapi kali ini Hostel Jogja Murah hanya merekomendasikan beberapa yang menurut kami menarik buat kamu coba. 

    Jadi esok lusa kamu datang ke Jogja, jangan lupa mencoba makanan khasnya, dan bawa pulang juga jajanannya sebagai oleh-oleh.

    Kamu sedang membaca artikel tentang Jenis-Jenis Masakan Khas Jogja dan kamu bisa menemukan artikel Jenis-Jenis Masakan Khas Jogja ini dengan url https://www.hosteljogjaid.com/2018/12/jenis-jenis-masakan-khas-jogja.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jenis-Jenis Masakan Khas Jogja ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Jenis-Jenis Masakan Khas Jogja sebagai sumbernya ya!.