Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 08971979095
    CS 2: 0895401538547
  • Instagram
  • Inilah Kehidupan Nyata di Balik Sarkem (Pasar Kembang) Jogja

    Kehidupan Nyata di Balik Sarkem
    Kehidupan Nyata di Balik Sarkem
    Inilah Kehidupan Nyata di Balik Sarkem (Pasar Kembang) Jogja—
    Pasar Kembang, atau biasa disebut dengan Sarkem, merupakan salah satu destinasi wisata yang melegenda di Yogyakarta. Sarkem merupakan lokalisasi prostitusi yang sudah terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Kegiatan prostitusi di wilayah ini bahkan sudah terjadi lebih dari seratus tahun yang lalu. Kini, keberadaannya tak dapat dipungkiri menjadi salah satu penggerak roda ekonomi sektor wisata Kota Yogyakarta, walaupun pemerintah melarang kegiatan prostitusi di wilayah ini.

    Kali ini Hostel Jogja Murah akan membahas sedikit tentang Kehidupan Nyata di Balik Sarkem saat ini. Kita akan sama-sama melihat bagaimana wisata malam di wilayah Sarkem ini sesungguhnya. 

    Sebenarnya, apabila kita melewati Jalan Pasar Kembang, jalan yang menjadi nama wilayah ini, kita hanya akan menjumpai sedikit perempuan-perempuan pekerja seks. Perempuan-perempuan itu kebanyakan hilir mudik atau duduk di atas motor, menunggu adanya pelanggan. Ada juga yang nongkrong di angkringan atau lesehan, menunggu calon pelanggan ataupun sedang melakukan transaksi. 

    Kegiatan utama prostitusi Sarkem yang sebenarnya terjadi di dalam gang-gang sempit di walayah itu. Gang itu disebut Gang Sosrowijayan. Gang yang lebarnya tidak sampai seukuran badan becak ini hanya bisa cukup untuk dilalui satu motor, dan apabila ramai, pejalan kakipun harus bergantian karena saking sempitnya. 

    Memasuki Gang Sosrowijayan, kegiatan prostitusi mulai terasa. Aroma parfum yang menyengat dari para perempuan pekerja seks menyelimuti udara. Lampu-lampu jalanan di gang itu sengaja dibuat remang. Sedangkan dari arah losmen di sepanjang kiri kanan gang memancar kerlap-kerlip lampu diskotik yang menarik perhatian. 

    Di Gang Sosrowijayan ini, para perempuan pekerja seks kebanyakan duduk di kursi-kursi lobi losmen. Sambil menununggu calon pelanggan, mereka bercengkerama, memainkan smartphone, atau merokok. Sekali dua kali menengok ke laki-laki yang lewat sambil tersenyum, menawarkan diri. 

    Sebagian perempuan lainnya ada yang memilih duduk di kursi-kursi panjang di depan losmen. Sama seperti yang lainnya, sambil menengok dan tersenyum ke arah laki-laki yang lewat. Apabila ada yang tertarik, tinggal duduk di sebelahnya, bertransaksi, tawar menawar harga. Setelah deal, bisa langsung masuk ke dalam losmen. 

    Semakin malam berada di dalam gang, semakin banyak lalu lalang laki-laki. Kebanyakan para lelaki yang datang memang untuk mencari layanan dari perempuan pekerja seks ini. Namun ada saja yang datang hanya untuk lewat, hanya melihat-lihat, sekedar ingin tahu. 

    Kalau datang hanya untuk melihat-lihat, sebenarnya panjang Gang Sosrowijayan ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit. Memang gang tersebut bukanlah gang yang lurus, tetapi berbelok-belok mengikuti bangunan-bangunan yang membentuknya. Namun gang-gang tersebut memiliki ujung di Jalan Pasar Kembang dan Jalan Malioboro, yang berarti sebenarnya cukup berdekatan. 

    Pada tahun 1976, sebenarnya wilayah Sarkem pernah secara resmi dilarang untuk dijadikan tempat prostitusi. Namun hingga saat ini, kegiatan prostitusi masih menjadi ekonomi utama wilayah Sarkem. Hal ini karena masyarakat setempat sendiri sudah terlanjur mengandalkan kehidupan ekonominya pada kegiatan prostitusi ini, sehingga sangat sulit apabila pemerintah ingin menghilangkan kegiatan prostitusi di wilayah Sarkem ini. 

    Kalau kamu ingin lebih mengenal tentang Pasar Kembang atau Sarkem, terutama dari sisi historisnya, kamu bisa baca artikel Mengulik Sejarah Pasar Kembang Jogja Malam Hari.

    Kamu sedang membaca artikel tentang Inilah Kehidupan Nyata di Balik Sarkem (Pasar Kembang) Jogja dan kamu bisa menemukan artikel Inilah Kehidupan Nyata di Balik Sarkem (Pasar Kembang) Jogja ini dengan url https://www.hosteljogjaid.com/2018/11/inilah-kehidupan-nyata-di-balik-sarkem.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Inilah Kehidupan Nyata di Balik Sarkem (Pasar Kembang) Jogja ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Inilah Kehidupan Nyata di Balik Sarkem (Pasar Kembang) Jogja sebagai sumbernya ya!.