Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 08971979095
    CS 2: 0895401538547
  • Instagram
  • Kamu Mau ke Jogja? Inilah 4 Tips Agar Belanja Hemat di Malioboro

    4 Tips Belanja Hemat di Malioboro
    Malioboro
     Tips Belanja Hemat di Malioboro
    Pada artikel sebelumnya, Hosteljogjaid.com sudah membahas seputar Hostel Terbaik Nyaman Deket Maliboro Jogja, maka di artikel kali ini melanjutkan tentang tips belanja hemat di Malioboro. Dimana Malioboro merupakan salah satu lokasi wisata di Yogyakarya yang paling sering dikunjungi wisatawan. Bukan tanpa alasan, di Malioboro terdapat banyak penjual pernak-pernik tradisional khas Yogyakarta mulai dari Stasiun Tugu hingga pintu masun Alun-Alun Utara.

    Aneka pernak-pernik dapat ditemui di sana dengan harga yang relative terjangkau, terutama bagi backpackerJogja dengan budget terbatas. Meski harga yang ditawarkan cukup murah, namun ada baiknya kamu tidak sembarangan membeli segala yang dijual di Malioboro. Ada tips dan trik tertentu supaya kamu dapat membeli pernak-pernik dan oleh-oleh khas Yogyakarta di Malioboro dengan harga yang jauh lebih murah. 

    Apa saja? Berikut tips dan trik agar belanja di Malioboro lebih hemat.
    1.    Menggunakan Bahasa Jawa
    Bahasa Jawa adalah bahasa yang digunakan oleh sebagian besar orang yang tinggal di Yogyakarta, tak terkecuali yang berjualan di Malioboro. Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa Jawa, maka pedangan akan enggan menawarkan dengan harga tinggi. Usahakan mengguanakan bahasa Jawa halus (kromo inggil) agar tetap sopan kepada penjual. Misalnya, ‘Niki regine pinten nggih Bu/Pak? (Ini harganya berapa ya Bu/Pak?)”.

    2.    Menawar Setengah Harga
    Saat pedagang telah memberi tahukan harganya, maka tips selanjutnya adalah menawar dengan setengah harga. Hampir setiap pedagang mengambil untun sekitar 20-30 persen dari harga yang dikatakan di awal. Menawar dengan setengah harga bermaksud agar pedagang tidak menawarkan kembali dengan harga yang tinggi sehingga dapat dicapai kesepakatan yang paling menguntungkan bagi penjual maupun kamu yang akan membelinya.

    3.    Santai dan Jangan Terburu-Buru
    Jika kesepakatan belum tercapai dan kamu sangat menginginkan barangnya, tips selanjutnya adalah jangan terburu-buru. Di Malioboro sangat banyak pegadang, dan produk atau barang yang kamu inginkan bisa jadi (hampir pasti) dijual di toko yang lain. Maka bersikaplah dengan santai agar pedagang tidak memanfaatkan rasa keinginanmu memiliki barang tersebut. Jika kamu ingin mencoba untuk mencarinya di lain toko, bisa jadi kamu malah akan mendapatkan barang yang sama namun harganya jauh lebih murah. So, jangan terburu-buru ya.

    4.    Ajak Teman atau Kenalan di Jogja
    Untuk meringkas waktu agar tak berlama-lama tawar-menawar, ajaklah teman lokal atau yang telah lama tinggal di Jogja. Mereka tentu saja sudah memiliki pengetahuan tentang lokasi dan toko mana saja yang menjual barang dengan harga lebih miring. Selain itu, mungkin saja mereka lebih luwes dalam menawar. 

    Itulah beberapa 4 Tips Agar Belanja Hemat di Malioboro dari Hosteljogjaid.com. Semoga bermanfaat ya guys!

    Salam hangat selalu

    Kamu sedang membaca artikel tentang Kamu Mau ke Jogja? Inilah 4 Tips Agar Belanja Hemat di Malioboro dan kamu bisa menemukan artikel Kamu Mau ke Jogja? Inilah 4 Tips Agar Belanja Hemat di Malioboro ini dengan url http://www.hosteljogjaid.com/2018/09/inilah-4-tips-belanja-hemat-di-malioboro.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Kamu Mau ke Jogja? Inilah 4 Tips Agar Belanja Hemat di Malioboro ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Kamu Mau ke Jogja? Inilah 4 Tips Agar Belanja Hemat di Malioboro sebagai sumbernya ya!.