Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • Tempat Informasi Seputar Hostel
    Paling Lengkap dan Update
  • Instagram
  • Wajib Coba! 5 Makanan Khas Gunungkidul yang Harus Kamu Cicipi

    Wajib Coba! 5 Makanan Khas Gunungkidul yang Harus Kamu Cicipi
    Wajib Coba! 5 Makanan Khas Gunungkidul yang Harus Kamu Cicipi

    Wajib Coba! 5 Makanan Khas Gunungkidul yang Harus Kamu Cicipi –

    Indonesia adalah negara yang kaya akan budayanya yang beragam, dari sabang sampai marauke pasti terdapat ciri khas mulai dari keunikan budaya, tempat-tempat bersejarah hingga kuliner yang khas di suatu daerah.

    Terutama Daerah Istimewa Yogyakarta, kota yang terkenal dengan kota budaya ini tentunya memiliki budaya yang melekat didalamnya, dan ada empat kabupaten di Yogyakarta, salah satunya kabupaten Gunungkidul yang khas dengan destinasi wisata pantainya.

    Selain memiliki pantai-pantai yang indah, hal yang sangat tidak boleh terlewatkan saat kamu berkunjung ke Gunungkidul adalah kulinernya. Jujur saja, jika kamu berlibur ke suatu tempat, kuliner jadi tujuan yang wajib kamu coba kan?

    Mari simak ulasan dibawah ini tentang makanan apa saja yang wajib kamu coba saat berlibur ke Gunungkidul.

         1.    Tiwul
    Tiwul
    Tiwul

    Tiwul ini adalah makanan khas Gunungkidul karena menjadi makanan pokok sebagai pengganti nasi, dan bisa juga dijadikan oleh-oleh saat kamu berkunjung ke Gunungkidul. Rasanya yang gurih dan manis, serta tekstur yang lembut membuat makanan ini disukai banyak orang.

    Tiwul yang paling terkenal di Gunungkidul adalah Tiwul Yu Tum yang berlokasi di Jalan Pramuka no 36 Wonosari, Gungkidul, Yogyakarta.

         2.    Urap Trancam
    Urap Trancam
    Urap Trancam

    Urap Trancam terdiri dari kacang panjang, daun kemangi, taoge, dan potongan mentimun. Dan semua campuran itu tidak direbus melainkan disajikan secara mentah. Serta bumbu kelapa parut yang sebenarnya menjadi bahan utamanya. Jangan sampai kamu melewatkan ini ya saat berkunjung ke Gunungkidul!

         3.    Gathot
    Gathot
    Gathot

    Mungkin sebagian orang sudah pernah mencicipi makanan bernama Gathot ini. Tetapi bagi yang belum, makanan ini patut untuk dicoba! Dengan bahan utama singkong dan taburan kelapa, menciptakan rasa yang manis dan gurih sekaligus. Sama seperti tiwul yang sudah kita bahas, Gathot ini bisa kamu temukan di Yu Tum, karena disana menjual berbagai oleh-oleh khas Gunungkidul dengan harga yang murah meriah.

         4.    Walang Goreng atau Belalang Goreng
    Belalang Goreng
    Belalang Goreng

    Bagi kamu yang belum pernah mencoba Walang Goreng, saat berkunjung ke Gunungkidul, makanan ini harus ada dalam listmu ya! Walaupun terdengar ekstrim, kuliner ini sangat khas karena rasanya yang gurih, dan terkandung protein didalamnya. Jadi jangan ragu untuk mencobanya, biasanya Walang Goreng ini dijual dipinggir jalan dengan harga Rp 20.000 per toplesnya.

         5.    Sambal Goreng Krecek Tempe
    Sambal Goreng Krecek Tempe
    Sambal Goreng Krecek Tempe

    Kalau kamu suka dengan pedas, terutama pedas dari sambal dan suka makanan khas Jawa Tengah, kamu pasti suka dengan sambal goreng krecek tempe ini. Rasanya yang pedas dan gurih yang berasal kuah santan ini pasti akan menggugah selera makan kamu! Di Gunungkidul, sambal goreng krecek tempe juga disajikan dengan tempe sebagai pelengkapnya.

    Bagaimana menurutmu, sudah tau apa saja yang akan kamu cicipi saat berkunjung ke Gunungkidul? Terima kasih sudah membaca artikel Wajib Coba! 5 Makanan Khas Gunungkidul yangHarus Kamu Cicipi ini. Semoga bisa menjadi referensi kamu saat berkunjung ke Gunungkidul.

    Jangan lupa kunjungi Hostel Jogja ID untuk jasa penginapan, guest house, kost harian dengan harga yang ekonomis dan pas dikantong. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

    Rate this posting:
    {[['']]}
    Kamu sedang membaca artikel tentang Wajib Coba! 5 Makanan Khas Gunungkidul yang Harus Kamu Cicipi dan kamu bisa menemukan artikel Wajib Coba! 5 Makanan Khas Gunungkidul yang Harus Kamu Cicipi ini dengan url https://www.hosteljogjaid.com/2018/12/wajib-coba-5-makanan-khas-gunungkidul.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Wajib Coba! 5 Makanan Khas Gunungkidul yang Harus Kamu Cicipi ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Wajib Coba! 5 Makanan Khas Gunungkidul yang Harus Kamu Cicipi sebagai sumbernya ya!.