Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 08971979095
    CS 2: 0895401538547
  • Instagram
  • Sejarah, Asal Usul dan Fakta Mengenai Daerah Godean Yogyakarta

    Sejarah, Asal Usul dan Fakta Mengenai Daerah Godean Yogyakarta

    Sejarah, Asal Usul dan Fakta Mengenai Daerah Godean Yogyakarta

    Apakah teman-teman pernah mendengar nama Daerah Godean? Godean merupakan salah satu bagian dari Kab Sleman sebelah barat daya (10 km dari pusat Ibukota Sleman). Daerah ini terdiri atas tanah yang sedikit datar dan juga sedikit berbukit di beberapa tempatnya.

    Sudah sejak lama Wilayah Godean ini menjadi pusatnya perputaran bagi perekonomian warga Sleman bagian barat. Salah satunya yakni Pasar Godean yang sudah melegenda sejak dahulu dengan jajanan peyek belutnya.

    Peyek belut yang menjadi ciri khasnya atau oleh-oleh camilan bagi pengunjung dijual di deretan kios-kios yang ada di pasar dengan harga yang sangat terjangkau serta rasa yang gurih. Membuat peyek ini laris manis terjual setiap harinya.

    Tidak hanya itu saja, fakta menarik yang sudah tersebar bahwa Daerah Godean menjadi pusatnya sentra kerajinan genteng terbesar untuk Kab Sleman itu sendiri. Hampir di seluruh pelosok Godean ini dapat kita temui para pengrajin-pengrajin dari genteng tanah liat itu sendiri.

    Namun sudahkah teman-teman mengetahui bagaimana sejarah, asal usul dan fakta dari Daerah Godean ini ada? Yuk ulas bersama.

    Secara administrasi pemerintahan, Kec Godean sudah pernah mengalami berbagai macam perubahan. Menurut Rijksblad Kasultanan Yogyakarta No 11 th 1916, menyatakan bahwa Godean ialah distrik yang berada di bawah wilayah Kab Sleman yang membawahi 8 onderdistrik dan 55 kelurahan.

    Akan tetapi kondisi tersebut kemudian berubah ketika keluarnya Rijksblad No 1/1927 yang membuat Godean dan semua wilayah yang ada di Kab Sleman masuk ke dalam wilayah dari Kab Yogyakarta.

    Sekitar tahun 1942, dengan peraturan Jogjakarta Kooti, Godean lalu menjadi wilayah Kab Bantul dengan status Kawedanan.

    Yang mana tanggal 8 April 1945, Sri Sultan HB IX melakukan penataan kembali wilayah Kasultanan Yogyakarta melalui Jogjakarta Koorei angka 2 yang menempatkan wilayah Godean sebagai bagian dari Kab Sleman dengan status Kapanewon (Son). Meski demikian beberapa dari wilayah di Godean seperti Serayu tetap masuk ke dalam wilayah Kab Bantul.

    Kapanewon Godean sendiri saat itu berkantor di Daerah Godean dan dikepalai oleh seorang Panewu (sekarang Camat) yang membawahi 16 kelurahan yakni Kel Berjo, Kel Kwagon, Kel Jering, Kel Sangonan, Kel Tebon, Kel Krajan, Kel Senuko, Kel Sembuh, Kel Gancahan, Kel Rewulu, Kel Wirokraman, Kel Klajuran, Kel Karanglo, Kel Ngrenak, Kel Candran, Kel Krapyak dan juga Kel Bendungan.

    Melalui Maklumat Kasultanan Yogyakarta No 5 th 1948, maka ke-16 kelurahan tersebut saling digabungkan agar lebih ringkas yaitu menjadi 7 kelurahan atau desa definitif sampai saat ini dengan nama-nama Kel Sidoagung, Kel Sidoarum, Kel Sidokarto,Kel Sidoluhur, Kel Sidomoyo, Kel Sidomulyo dan Kel Sidorejo.

    Demikian paparan tentang sejarah, asal usul dan fakta dari Daerah Godean. Semoga bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membaca. 

    Bahwa mengetahui sejarah adalah suatu hal yang menyenangkan dan patut untuk ditelusuri, karena berarti menghargai masa lampau yang penuh dengan kesan perjuangan. Salah satunya yang baru saja dijelaskan di atas, yang tadinya mungkin kita tidak atau belum tahu menjadi tahu bagaimana perkembangannya hingga saat ini.

    Jika dari teman-teman ada yang ingin tahu lebih banyak lagi mengenai sejarah-sejarah dari tempat lainnya atau sedang mencari tempat-tempat wisata unik dan menggugah mata di Sleman untuk berlibur, bisa dicek artikel selengkapnya di Hostel Jogja Murah.

    Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah, Asal Usul dan Fakta Mengenai Daerah Godean Yogyakarta dan kamu bisa menemukan artikel Sejarah, Asal Usul dan Fakta Mengenai Daerah Godean Yogyakarta ini dengan url http://www.hosteljogjaid.com/2018/11/sejarah-asal-usul-dan-fakta-mengenai-Daerah-Godean.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sejarah, Asal Usul dan Fakta Mengenai Daerah Godean Yogyakarta ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Sejarah, Asal Usul dan Fakta Mengenai Daerah Godean Yogyakarta sebagai sumbernya ya!.